Wisata Jawa Timur Park 2 kota Batu


Jawa Timur Park 2 atau yang biasa disebut Jatim Park 2 berada di kota Batu, Jawa timur. Perjalanan dari Surabaya menuju tempat ini ditempuh dalam waktu kurang lebih 2 jam. Untuk menuju ke sana sangat mudah dan tidak khawatir tersesat karena banyak rambu - rambu jalan yang menunjukkan dengan jelas arah jalan yang harus diambil. Kompleks Jatim Park 2 berdekatan dengan tempat tujuan wisata lainnya di kota Batu ini yaitu Batu Night Spectacular (BNS) yang menyuguhkan banyak permainan dan pertunjukkan yang tak kalah menariknya. Bedanya, BNS buka di malam hari, sedangkan Jatim Park 2 buka sejak pukul 8:00 sampai 18:00.

Di dalam Jatim Park 2 terdapat beberapa wahana menarik untuk dikunjungi, antara lain :
  • Secret Zoo
  • Museum Satwa
  • Eco Green Park
  • Pohon Inn
Harga tiket Jatim Park 2 bervariasi, hari Senin - Kamis serta Jumat - Minggu berbeda harganya. Serta ada paket tiket terusan untuk mengunjungi Secret Zoo dan Museum Satwa. Untuk wahana Eco Green Park masih baru, karena itu belum tercantum dalam daftar harga tiket yang dipajang diatas loket penjualan. Eco Green Park sendiri adalah wahana wisata sekaligus belajar yang isinya antara lain : miniatur candi terkenal di seluruh Jawa, jungle adventure, rumah terbalik, kolam musik, insectarium, pasar burung, basmi hama, geology, serta banyak lagi lainnya. Untuk tiket terusan keseluruhan (3 wahana)  adalah Rp. 80.000 untuk hari Senin - Kamis. Sedangkan untuk akhir pekan dan high season tidak sama, lebih mahal sedikit.



Secret Zoo merupakan tempat wisata dan kebun binatang modern yang menempati lahan seluas 14 hektar. Memiliki banyak koleksi hewan yang sebagian besar berasal dari kawasan Asia dan Afrika. Di sini kita bisa menemui hewan mulai dari reptil sampai singa serta aquarium yang indah dan semuanya disajikan dengan menarik. Selain tempat yang bersih,  satwa juga mendapat perlindungan dari pengunjung yang kebiasaannya suka memberi makan pada hewan - hewan yang mereka lihat. Kebiasaan ini sangat menyenangkan memang, namun berbahaya bagi hewan tersebut karena kita tidak tahu apa makanan yang diberikan baik untuk mereka. Serta menghindarkan dari tangan - tangan jahil pengunjung. Kandang dibuat sedemikian rupa agar jauh dari gangguan pengunjung namun masih menarik untuk memandang koleksi satwa yang ada di dalamnya. Mungkin ini yang dimaksud dengan konsep kebun binatang modern. Sangat berbeda jauh keadaannya dengan Kebun Binatang Surabaya yang terkesan kumuh dan tak terurus.

Lahan yang luas memungkinkan untuk menampung banyak koleksi satwa. Pihak pengelola mengatur agar para pengunjung bisa menikmati semua koleksi yang dimiliki dengan memberikan penunjuk rute dan mengatur jalan yang bisa kita lalui sehingga tanpa sadar kita akan melihat semua hewan yang ada. Lumayan melelahkan juga, namun tentu sangat menyenangkan karena banyak tempat beristirahat yang teduh dan nyaman telah disediakan.

Jika beruntung bisa berfoto - foto dengan singa serta burung kakak tua. Juga bisa memberi makan burung dan hewan sejenis berang - berang. Ada jam - jam khusus yang diluangkan untuk pengunjung, di luar jam itu sudah tidak bisa lagi.

Selain menuguhkan koleksi satwa, Secret Zoo juga menyediakan berbagai permainan menarik yang pada umumnya kita tidak perlu mengeluarkan biaya lagi karena sudah termasuk dengan tiket yang kita bayar. Permainan andalan seperti Octopus serta Tsunami cukup populer di kalangan pengunjung. Tak heran permainan ini selalu banyak peminatnya.

Museum satwa menghadirkan koleksi hewan yang sudah diawetkan. Ditata apik sedemikian rupa seakan berada di alam liar sebenarnya. Museum ini banyak menghadirkan koleksi hewan dari asia sampai hewan penghuni kutub bumi.


Pohon Inn merupakan hotel unik yang berbentuk seperti layaknya pohon. Untuk menikmati semua wahana yang ada di Jatim Park 2 sebenarnya tidak cukup 1 hari. Karena itu adanya hotel menambah daya tarik wisatawan untuk bersantai serta menikmati udara sejuk di kota Batu.

2 comments: