Planet kerdil pertama dalam tatasurya kita


Jawabannya adalah CERES.

Pluto mungkin adalah planet kerdil yang lebih populer dalam tatasurya kita, yakni galaksi Bimasakti (Milky Way), terlebih setelah adanya kontroversi pada 2006 yang membuatnya tidak lagi dianggap sebuah planet.


Observasi pertama dilakukan oleh ahli matematika dan astronomi dari Italia Giuseppe Piazzi pada tahun 1801. Piazzi mengamati objek tak dikenal selama beberapa hari sebelum akhirnya hilang dibalik matahari. Berdasarkan pengamatannya, dia belum bisa memastikan apakah itu sebuah planet atau komet, yang pada akhirnya dia menyimpulkan sendiri sebagai komet yang melewati tatasurya kita.

Kemudian ada ahli matematika lain Carl Friedrich Gauss dengan metode kalkulasi orbitnya, menegaskan bahwa object tersebut adalah sebuah planet kerdil.

Sebagai planet kerdil yang pertama kali ditemukan dalam tatasurya kita, Ceres adalah yang terkecil ukurannya sehingga membuatnya menjadi unik sekali. Planet kerdil berikutnya yang ditemukan adalah Pluto pada tahun 1930. Pada rentang tahun 2003 - 2005 ditemukan 3 planet kerdil lainnya yakni Eris, Haumea, Makemake. Dan sebenarnya para ahli meyakini masih banyak planet kerdil lainnya, namun itu semua masih memerlukan observasi dan penelitian lebih lanjut.

Sumber: www.howtogeek.com

0 comments:

Post a Comment