Cara pakai Dropbox dan berbagai kegunaannya


Dari artikel sebelumnya yang membahas tentang cara meningkatkan kapasitas Dropbox gratis, mungkin saja ada beberapa dari pembaca yang belum tahu kegunaan atau cara pakai Dropbox. Di tulisan kali ini akan dibahas sedikit tentang cara pakainya serta beberapa kegunaan paling umum sehingga bisa memanfaatkan secara maksimal layanannya.

Dropbox Homepage

Dropbox sebagai penyimpanan file online yang memungkinkan kita menyimpan file - file penting agar aman dari segala gangguan yang tak terduga. Masih ingat jaman dulu ketika komputer masih menggunakan media penyimpanan disket. Untuk menyimpan file dokumen skripsi kita harus menyalin file-nya ke beberapa disket agar di kemudian hari ada disket yang rusak, masih ada backup-nya. Sekarang meski kapasitas hardisk sudah jauh lebih besar, ancaman kerusakan pun masih tetap ada. Bahkan kalau tidak rusak, virus bisa melenyapkan seketika hasil kerja selama berbulan - bulan. Di sinilah kegunaan media penyimpanan file online. Dengan menyimpan data secara online, maka ancaman hilang atau rusak akan minimal.

Dropbox sebagai situs berbagi file memberi kemudahan untuk mengirimkan file kepada rekan atau orang lain. Meski saat ini email attachment sekarang bisa berukuran besar, namun banyak pengguna merasa lebih mudah menggunakan Dropbox untuk berbagi file daripada mengirimkannya lewat email. Banyak server email terutama milik internal perusahaan yang membatasi ukuran attachment pada email masuk. Salah satu solusi populer adalah dengan meng-upload file ke Dropbox kemudia kita tinggal mengirimkan URL atau Link-nya via email.

Dropbox Upload Button

Dropbox bisa juga dimanfaatkan semacam hardisk portable, namun harus online. Semisal punya komputer di rumah dan juga di kantor, dua-duanya selalu online. Kita ingin file yang sedang kita kerjakan di kantor bisa langsung muncul pada komputer di rumah. Hanya diperlukan meng-install aplikasi Dropbox di komputer kantor dan rumah, serta login menggunakan akun yang sama. Nantinya data atau file (pada folder yang sudah ditentukan) yang ada di kedua komputer akan selalu singkron. Apapun perubahan pada salah satu komputer,  otomatis akan berubah juga di komputer lain.

Masih banyak lagi sebenarnya contoh pemakaian dropbox, namun yang paling umum adalah seperti pada tulisan di atas. Bagaimana dengan pembaca, apakah anda sudah / pernah menggunakannya?

1 comments: