Aplikasi pemutar video terbaik untuk Windows


Banyak sekali aplikasi pemutar video untuk windows gratis. Sebelumnya orang lebih mengenal Media Player Classic yang terkenal dengan bundling codec-nya K-lite Codec Pack. Namun sekarang pilihan jatuh pada Daum PotPlayer sebagai aplikasi video player terbaik untuk windows. Dengan dukungan codec yang lengkap, menjadikan hampir semua jenis file video dan audio bisa diputar tanpa masalah.

Daum PotPlayer

Kelebihan dari aplikasi ini antara lain :

  • Bisa memainkan file yang belum terdownload sempurna atau bahkan file AVI yang rusak (dengan melompati bagian yang rusak)
  • Ringan dan cepat
  • Mengingat posisi terakhir ketika video dimainkan
  • Shortcut yang mempermudah pengoperasian, misalnya untuk memaju mundurkan timing yang dimaikan, volume, zoom, brightness, contrast, dan singkronisasi timing subtitle
  • Support untuk file file semacam MKV, OGM, MP4, MOV, 3GP yang didalamnya sudah embedded subtitle
  • Skin bisa diubah dan banyak tersedia
  • Berbagai macam video filter tersedia untuk costumize playback
  • Audio dan Video equalizer
  • Setelan lebih lanjut bisa ditemui di menu Option
PotPlayer bisa men-tweak segala hal dari video yang diputar, seperti brightness, contrast, dan lain - lain. Selain itu, aplikasi ini tergolong sangat ringan dan interface-nya mudah dipahami. Pengguna awam akan sangat terbantu dengan aplikasi ini.

Sekian banyak kelebihan, saatnya membahas kekurangan agar review lebih berimbang. PotPlayer sebenarnya adalah aplikasi dengan setting yang banyak sekali sehingga terkesan rumit. Terkadang masih ada beberapa bagian kecil yang masih berbahasa korea, karena sejatinya developernya dari korea. Beberapa kekurangan tersebut sebenarnya bukan masalah besar karena dengan prosedur instalasi standar saja cukup mudah dan cukup kebutuhan memainkan file video.

Lifehacker pun mendaulat Daum PotPlayer sebagai best video player untuk platform Windows. Selaras dengan penilaian mereka, sudah saatnya mencoba sesuatu yang baru untuk memainkan koleksi pribadi film dan video dengan aplikasi yang baru dan lebih modern daripada Media Player Classic. Langsung download di situsnya resminya. Untuk skin, bisa didapatkan dari situs semacam deviantart.com. 

0 comments:

Post a Comment