Google Chrome sebagai pengganti Adobe Pdf reader



Selain menggunakan Adobe Pdf Reader, Google Chrome juga bisa sebagai alternatif pengganti untuk sekedar membuka dan membaca file pdf. Fitur ini sudah built-in dan tidak memerlukan tambahan plugin apapun, hanya butuh sedikit langkah untuk mengaktifkan.

Chrome Pdf

Secara default plugin pdf viewer tidak diaktifkan pada saat pertama kali install Chrome. Jadi harus kita aktifkan dahulu dengan cara ketik alamat chrome://plugins pada address bar. Akan muncul halaman berisi plugin apa saja yang terinstall. Cari plugin dengan nama Chrome PDF Viewer, kemudian klik Enable untuk mengaktifkan. Untuk mencobanya, drag and drop sebuah file pdf ke Chrome.

Chrome PDF Viewer plugin

Untuk keperluan baca file pdf, google chrome sudah sangat cukup. Tidak perlu lagi install Adobe Pdf Reader yang terkenal memberatkan kinerja PC atau software reader lainnya. Bisa diatur agar Chrome berfungsi sebagai pembuka file pdf secara default, tidak perlu drag and drop lagi untuk membuka, cukup klik 2x, file langsung terbuka.

Caranya dengan klik kanan sebuah file pdf, pilih Properties. Pada item "Opens with" klik change, kemudian pilih Google Chrome. Jika tidak ada opsi memilih Google Chrome maka harus manual menambahkan dengan mengarahkan ke :
C:\Program Files\Google\Chrome\Application\chrome.exe

Cukup mudah caranya, serta yang paling penting adalah dengan memanfaatkan Google Chrome sebagai alternatif pdf reader, kita tidak perlu meng-install lagi software tambahan. Namun, sekedar mengingatkan untuk keperluan lebih lanjut seperti edit file pdf, diperlukan pdf editor, bukan reader.

0 comments:

Post a Comment