Membuat web proxy gratis


Web proxy umumnya digunakan untuk membuka website yang diblokir. Beberapa ISP dan lingkungan kantor sering memblokir alamat web tertentu yang dianggap merugikan. Dengan proxy, alamat yang diblokir pun bisa mulus dibuka, meski tidak semua bisa terbuka sempurna. Tulisan kali ini akan mengulas cara membuat web proxy gratis dengan Google App Engine, yang merupakan layanan ditujukan kepada developer untuk membangun aplikasi web di infrastruktur milik google sendiri.
Google App Engine
Langkah - langkah yang dilakukan:
  1. Buka appengine.google.com dan sign-in dengan akun google. Jika belum punya, bisa membuat akunnya terlebih dahulu.
  2. Klik "Create an Application". Setelah itu google akan memverifikasi dengan cara mengirimkan kode melalui nomer ponsel, dan meminta kita untuk menuliskan kembali kode tersebut.
    Verify account by phone
  3. Pilih subdomain yang akan menjadi alamat web proxy. Pastikan subdomain tersedia dan bisa digunakan. Subdomain ini juga akan menjadi App ID applikasi proxy kita. Contohnya dengan memilih subdomain "proxy-keren", maka alamat yang bisa diakses adalah proxy-keren.appspot.com.
    Create application app engine
  4. Download Python dan install.
  5. Download Google App Engine SDK untuk Python dan install.
  6. Download file zip ini (cara download dengan klik File -> Download)  sebagai aplikasi yang akan di upload ke app engine. Terdiri dari beberapa file HTML dan Python bisa dibuka dengan notepad. Unzip ke sebuah folder.
  7. Start Google App Engine Launcher dari shortcut di desktop atau start menu. Perlu mengubah setelan dengan klik menu Edit -> Preferences. Lihat contoh di gambar. Klik untuk memperbesar.
    App engine preference
  8. Klik File -> Add Existing Application kemudia browse ke folder dari poin 6. Klik Edit, ganti "YOUR_APP_ID" dengan subdomain dari poin 3. Bila ditak bisa di-edit, kemungkinan file permissionnya read only. Ubah dulu permission file app.yaml dengan klik kanan Properties, buang cawang pada opsi Read-only.
  9. Klik Deploy, masukkan username password google dan tunggu beberapa saat sampai selesai.
    Deploy application to Google
File main.html bisa di-edit sesuka hati untuk mengubah tampilan halaman web proxy milik kita. Misalkan dengan menyelipkan iklan dan gambar. Sebagai catatan tambahan, sebaiknya menghindary kata "proxy" dalam memilih nama subdomain. Karena kebanyakan administrator jaringan akan memblokir website mengandung kata proxy. Aplikasi ini merupakan berasal dari project Mirrorr, yang dikembangkan oleh Brett Slatkin. Sedangkan Amit agarwal mempopulerkan penggunaan aplikasi ini melalui tulisannya.

Banyak keuntungan memiliki web proxy pribadi, yang utama adalah keamanan. Karena hanya kita yang pakai, otomatis kemungkinan adanya pencurian data (username/password) minimal sekali, asal tidak disebarluaskan ke publik.

3 comments:

  1. gan, udh ane nyoba tp ko malah ada tulisan "Error: Not Found
    The requested URL / was not found on this server."

    itu knp ya gan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bs dijelasin udah sampe tahap mana gan? langkah2nya udah beres semua?

      Delete
  2. GAN saya udah sukses buatnya,, tapi masalhnya.. kadang situs web bisa di buka kadang nda bisa di buka. apa ya kira2 msalhnya gan..??? trims

    ReplyDelete