Menambahkan menu Scan With Windows Defender pada Windows 8



Microsoft security essential pada Windows 8 telah terintegrasi menjadi Windows Defender. Namun tidak dibarengi dengan ketersediaan menu scan file/folder saat mengklik kanan. Kita bisa menambahkan sendiri menu scan dengan windows defender dengan sedikit modifikasi registry.


Sayangnya dengan menambahkan sendiri tidak bisa memunculkan windows defender dengan mode grafik seperti antivirus pada umumnya. Jadi nanti akan muncul tampilan scanning dalam Command Prompt. Sayang memang, namun cara ini memudahkan untuk kita memilih file/folder yang hendak di-scan.

Buka registry editor sebagai administrator.
Cari key berikut ini :

HKEY_CLASSES_ROOT\Folder\shell

Buat key baru dengan nama "WindowsDefender"


Select key "WindowsDefender" yang baru dibuat tadi, kemudian di kolom kanan, klik kanan untuk membuat String baru. Beri nama "Icon", lalu klik 2x untuk menambahkan value sebagai berikut :

%ProgramFiles%\\Windows Defender\\EppManifest.dll

Ulangi lagi langkah membuat String seperti di atas untuk membuat String baru lagi dengan nama "MUIVerb",  value-nya adalah :

Scan with Windows Defender


Sekarang select key "WindowsDefender" yang dibuat di langkah awal tadi, klik kanan, buat key baru bernama "Command". Klik 2x String "(Default)" pada key "Command", tambahkan berikut sebagai value-nya :

“C:\Program Files\Windows Defender\MpCmdRun.exe” -scan -scantype 3 -SignatureUpdate -file %1


Jika kesulitan, sebenarnya ada cara mudahnya. Download saja file ini (password: anuneanu.com). Didalamnya sudah ada 2 file registry (dibuat oleh penulis di howtogeek) untuk menambahkan dan menghilangkan menu scan.

Saat scanning akan muncul window Command Prompt seperti ini :


Jika tidak mendeteksi adanya virus/malware akan langsung tertutup sendiri saat selesai.

0 comments:

Post a Comment