Menghilangkan @wifi.id modem TP-Link Speedy



Pelanggan speedy kebanyakan memanfaatkan modem yang dipinjamkan gratis oleh Telkom. Umumnya bermerk TP-Link yang sudah dipermak firmwarenya untuk keperluan branding, dll. Hal yang sedikit mengganggu bagi sebagian orang adalah munculnya SSID @wifi.id disamping hotspot aslinya. Modem ADSL ini sebenarnya support beberapa SSID sehingga memungkinkan untuk membuat 2 atau lebih hotspot dengan nama yang berbeda. Tidak berpengaruh sebenarnya dengan adanya @wifi.id, hanya saja saat ini telkom belum menfungsikan secara penuh fitur tersebut. Sialnya kita tidak bisa mengubah atau menghilangkan karena firmware modem ini sudah diubah oleh telkom. Jalan satu - satunya  mengupgrade dengan firmware asli buatan TP-Link.

Speedy gratis modem

Sebagai contoh kali ini adalah modem TP-Link TD-W8951ND. Modem ini akan kita jadikan percobaan upgrade firmware-nya. Langkah sebelum upgrade adalah menyiapkan bahan - bahan. Download firmware dari situs resminya www.tp-link.co.id. Pilih Dukungan -> Download. Di kolom sebelah kiri pilih ADSL. Akan muncul pilihan type modem, pilih yang sesuai, dalam hal ini saya memilih TD-W8951ND. Muncul beberapa pilihan versi firmware, disini kejelian diperlukan. Karena jika salah memilih, maka modem akan rusak. Ada beberapa versi yang dilambangkan dengan V1, V2, dst. Untuk mengetahui mana yang tepat harus lihat di stiker modem. Lihat bagian yang menampilkan FCC-ID, ada sederet angka dan huruf, cukup lihat 2 digit terakhir yang menampilkan V dan angka. Itulah versi modem anda. Milik saya kebetulan versi 4, dilambangkan V4 pada 2 digit terakhir FCC-ID.

Versi modem TP-Link

Setelah memiilih versi yang sesuai, download firmware terbaru dari beberapa pilihan yang ada. Biasanya paling atas, lebih jelasnya lihat Tanggal Publikasi. Dalam file zip/rar terdapat 2 file, pdf tutorial upgrade dan file firmware. Ekstrak ke folder tertentu, lebih mudahnya di desktop. Selanjutnya melangkah ke proses upgrade. Disarankan menggunakan koneksi kabel LAN, karena lebih stabil. Pastikan dulu listrik aman, karena bahaya jika putus tengah jalan. Buka halaman setting modem 192.168.1.1, masukkan username password. Masuk ke bagian Maintenance -> Firmware. Pada New Firmware Location, klik Browse. Pilih file firmware yang sudah diekstrak tadi. Kemudian klik UPGRADE.

Upgrade firmware TP-Link

Tunggu beberapa saat sampai proses 100%, jika selesai masuk ke Maintenance -> SysRestart. Pilih Factory Default Setting. Penting sekali langkah ini untuk mereset modem seperti settingan pabrik dan fitur - fitur yang dulunya di-lock oleh telkom akan muncul. Setelah ini anda harus memasukkan settingan speedy seperti username & password, mengubah password modem, mengubah nama hotspot, dll.

Reset factory default setting

Perlu diperhatikan sebelum upgrade untuk mencatat setting speedy, username password, dll agar kita tidak kesulitan saat mengkonfigurasi ulang setelah berhasil diupgrade. Jangan sampai melakukan upgrade jika kita tidak tahu username & password speedy. Tanyakan dahulu ke 147 jika lupa password/username-nya.

Selesai semua langkah di atas saatnya cek, apakah SSID @wifi.id benar - benar hilang? Tentu saja hilang, dan tidak cuma itu saja, brand Telkom di halaman setting modem juga hilang.

UPDATE :
Untuk lebih gampang mendisable SSID wifi.id, baca artikel selanjutnya berjudul Cara paling mudah menghilangkan SSID wifi.id

6 comments:

  1. Kalau yang sudah pasang speedy,....
    apakah boleh minta modem wifi nya saja??????

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pengalaman tahun kmrn sih ga bisa, modem hanya untuk pelanggan baru kata petugasnya. klo masih kurang dr 6 bulan rusak, bs digaransikan. lebih dr itu kita harus beli sendiri klo terjadi kerusakan.

      Delete
  2. Nice Info
    Please visit http://syafiul25.blogspot.com/

    ReplyDelete
  3. bisa gak @wifi.id diaktifin di modem speedy,soal a waktu mw conect keluar tanda seru atau emang @wifi.id cuma sebagai lambang dan tidak ada fungsi??
    Tlong penjelasan nya ya..

    ReplyDelete
  4. gan di modem TD-W8151N ku, VERSINYA : v1.2. jadi yang mana nto gan?

    ReplyDelete
  5. Saya donlot firmware TD-W8151N, nama filanya ras.
    Tapi waktu mo upgrade error the uploaded file was not accepted by the roiter.
    Penyebabnya kira2 apa ya?

    ReplyDelete