Nikmatnya membaca berita dengan RSS Feed



Heboh berita ditutupnya layanan Google Reader membuat banyak orang berbondong - bondong mencari alternatif pengganti. Meski begitu, ternyata masih banyak yang belum tahu apa kegunaan google reader dan apa itu RSS feed.

Apa itu RSS feed?

RSS (Rich Site Syndication) sering diartikan sebagai Really Simple Syndication adalah format yang digunakan untuk mengirimkan konten suatu website secara teratur kepada para pembacanya.

Kenapa RSS Feed? Apa manfaatnya?

RSS memecahkan masalah bagi seseorang yang sering berselancar di dunia maya. Mempermudah memperoleh informasi dan konten terbaru dari website favorit kita. Dengan cara ini bisa menghemat waktu karena tidak perlu lagi mengunjungi satu per satu website dan melihat semua berita dan kontennya. Dengan begini akan lebih terjaga privasi kita daripada harus berlangganan berita via email. Pemilik website tidak tahu siapa yang berlangganan membaca artikelnya, hanya tau berapa jumlah pelanggan RSS nya. Beda dengan via email, pemilik bisa tahu berapa jumlah pelanggannya sekaligus alamat email-nya.

Apa yang kita perlukan untuk membaca RSS Feed?

Yang dibutuhkan adalah RSS Feed Reader dan News Agregator. Disinilah letak fungsi Google Reader yang menghebohkan itu. Jadi heboh karena google menganggap tidak banyak penggunanya dan kurang memberi profit, sedangkan penggunanya kebanyakan adalah orang - orang yang sudah melek teknologi, jurnalis, penggiat internet, penulis, dsb kompak menyuarakan petisi agar tidak ditutup layanan gratis ini.

RSS feed reader sebenarnya banyak sekali tersedia, ada yang gratis dan berbayar. Contohnya yang gratis adalah Google Reader. Feedly juga gratis, malah sekarang Feedly menjadi alternatif favorit pengganti google reader yang akan resmi ditutup 1 Juli 2013.

MS Outlook juga bisa sebagai feed reader, namun kita harus membayar untuk menggunakannya, karena Microsoft tidak menggratiskan aplikasi Outlook ini.

Seperti apa nikmatnya menggunakan RSS?

Hal penting pertama yang sudah dijelaskan di atas adalah dengan RSS Feed kita akan tahu secara cepat update terbaru dari suatu website. Tanpa membuka halaman website satu per satu, kita bisa bebas dan efisien memilih berita yang ingin kita baca. Selain itu memudahkan kita mengelompokkan website sesuai dengan topiknya.

Feedly RSS Feed reader

Contohnya berlangganan RSS dari kompas.com atau detik.com. Cukup tambahkan kedua situs tersebut ke list langganan, maka kita akan mendapatkan update setiap saat dan tidak takut ketinggalan berita. Beda jika kita membuka langsung ke kompas.com misal, untuk berita - berita yang sudah 2 hari berlalu akan kesulitan kita mencarinya.

0 comments:

Post a Comment