Wisata patung Buddha Tidur



Tempat peribadatan umat Buddha sekaligus tempat wisata patung Buddha tidur terletak di desa Bejijong, Trowulan - Mojokerto. Sesuai namanya, menjelaskan bahwa posisi sang buddha sedang tidur dengan posisi tubuh menyamping. Patung ini ada di kompleks peribadatan Mahavihara Mojopahit. Jadi banyak sekali umat buddha yang beribadah di tempat ini serta para wisatawan yang turut menikmati indahnya patung berwarna keemasan dan ukuran luar biasa besar. Bahkan merupakan patung buddha terbesar di Indonesia.

Patung Buddha tidur Trowulan Mojokerto

Didirikan pada tahun 1993 oleh YM Viryanadi Maha Tera, sedangkan Mahavihara majapahit sendiri telah ada sejak tahun 1989. Patung buddha tidur ini memiliki panjang kurang lebih 22 meter, lebar 6 meter, dan tinggi 4.5 meter. Dibuat dari beton dan pemahatnya adalah pengrajin patung dari trowulan sendiri.

Patung buddha di sekitar Mahavihara Mojopahit

Pengunjung wihara baik itu penganut buddha maupun bukan dapat memanfaatkan pemandangan yang asri di sekitar wihara. Tempatnya bersih serta nyaman karena sejatinya tempat ini adalah tempat peribadatan, sehingga pengunjung diharapkan untuk menjaga kebersihan dan tidak membuat gaduh.

Di sekeliling wihara terdapat banyak sekali patung - patung sebagai alat beribadah. Yang tak kalah menarik, ada miniatur candi Borobudur di tempat ini. Sungguh indah sekali hasil karya seni pemahat indonesia.

Miniatur candi Borobudur

Untuk masuk ke area wihara mojopahit tidak dikenakan biaya. Di sekitar wihara dijual aneka jajanan yang penjualnya juga penduduk sekitar. Bakso di sini terkenal enak, bisa dicoba jika berkunjung. Patung buddha tidur ini sebenarnya terletak tidak jauh dari Sitinggil, yaitu tempat wisata sejarah peninggalan Majapahit di Trowulan Mojokerto. Kedua tempat tersebut bedekatan, bisa jalan kaki dari sitinggil ke mahavihara.

2 comments:

  1. What a beautiful place it iss.
    Tp knpa yaaa alamat blognya nyleneh -> anuneanuu.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. yup, bagus sekali memang tempatnya, dan bersih.
      Namanya nyeleneh? haha. yang penting isinya hal2 baik.

      Delete