Mematikan animasi Office 2013


Office 2013 mengusung beberapa tambahan fitur seperti penyimpanan langsung ke Skydrive, kostumisasi tema dan background, serta animasi agar terlihat lebih eyecandy dan sesuai dengan tema Windows 8. Sayangnya beberapa fitur ini malah membuat office kurang nyaman dipakai bagi sebagian orang. Seperti dialog open/save office 2013 membutuhkan beberapa langkah lebih banyak sehingga terkesan kurang efisien. Selain itu fitur animasi juga membuat office terasa lambat karena ada delay saat menulis text, berpindah menu, dsb. Bagi yang menginstall di komputer spek bagus, tidak akan terasa. Namun di komputer spek pas pasan, fitur animasi jadi menjengkelkan.

Pada tulisan kali ini akan membagi tips agar animasi office 2013 bisa dimatikan dengan beberapa langkah mudah.

Buka Registry Editor


Tekan kombinasi tombol Win + R untuk membuka dialog RUN. Ketik regedit [Enter]. Cari key berikut pada registry editor.

HKEY_CURRENT_USER\Software\Microsoft\Office\15.0\Common\Graphics

Buat DWORD baru


Di bagian kanan registry editor, buat DWORD DisableAnimations dengan value 1. Tutup window registry editor. Tutup semua aplikasi office yang sedang berjalan, kemudian jalankan kembali.

Disable Animations Office 2013

Dengan mematikan fitur animasi menurut saya memberi dampak meningkatkan performa office 2013. Tidak ada lagi lag yang terkadang malah bikin not responding. Terasa lebih gegas dalam beralih sheet atau halaman, dan menu terbuka lebih cepat.

Untuk mengembalikan animasi tinggal ubah nilai DisableAnimations menjadi 0, atau lebih mudah dengan menghapus DWORD yang dibuat tadi.

1 comments: