Pertolongan pertama handphone terkena air



Apa yang seharusnya kita lakukan jika tidak sengaja menjatuhkan telepon genggam ke dalam air? Atau kita lupa mengambil dari saku celana, dan sialnya celana itu ikut tercuci bersama baju lainnya?

Garansi elektronik kebanyakan tidak mengakomodir kerusakan yang disebabkan oleh air. Maka otomatis garansi akan hangus begitu handphone terkena air. Berusaha membohongi bagian pelayanan konsumen untuk menggaransikan sungguh tidak berguna, karena di setiap perangkat handphone sudah dilengkapi dengan pendeteksi air.

Handphone tercelup air

Singkat cerita anggap saja handphone kita hilang dan harus beli baru. Namun sebelum sampai ke langkah itu, ada baiknya dicoba dulu langkah - langkah berikut, siapa tahu keberuntungan masih berpihak kepada kita.

Copot baterai


Pertama putuskan suplai listrik dari batrai dengan melepasnya jika memungkinkan. Keringkan dengan menggunakan lap atau tissue sebisanya. Jangan mengeringkan dengan cara memanaskan, contohnya dengan hairdryer, dijemur, atau oven.

Air yang masih terjebak di dalam handphone akan menguap tapi tidak bisa keluar karena body-nya tertutup rapat, selain itu penggunaan hairdryer akan merusak komponen di dalam termasuk layar. Lebih disarankan mengeringkan dengan kompresor angin yang bertekanan rendah.

Keringkan


Terakhir adalah mengeringkan bagian komponen bagian dalam yang masih lembab dengan gel silika. Gel silika ini bisa dikumpulkan dari kotak kemasan obat , atau beli di A*e Hardware. Masukkan handphone bersama beberapa gel silika ke dalam kantong plastik, kemudian tutup rapat untuk mencegah kontak dengan udara sekitar.

Gel Silika

Alternatif murah dari gel silika adalah menggunakan beras. Tuang beras secukupnya ke dalam sebuah mangkok, kemudian pendam handphone di dalam beras tadi dan masukkan mangkuk ke dalam tas kresek, tutup rapat.

Biarkan selama 2-3 hari agar air yang tersisa di bagian dalam bisa terserap oleh gel silika atau beras. Tidak ada jaminan dengan cara ini selalu berhasil menghidupkan kembali handphone yang tercelup air. Paling tidak kita sudah berusaha semaksimal mungkin sebelum benar - benar membeli baru.

0 comments:

Post a Comment